Header Ads

Dua Puluh Tentara AS Terlibat dalam Pembantaian di Kandahar

Sebuah komite Afghanistan mengatakan bahwa 20 tentara AS telah terlibat dalam pembunuhan hari Minggu lalu yang menewaskan sedikitnya 16 warga sipil Afghanistan di Provinsi Kandahar.

Komite atau misi pencari fakta telah dibentuk oleh Parlemen Afghanistan untuk menyelidiki pembunuhan sedikitnya 16 warga sipil Afghanistan di distrik Panjwayi Kandahar.


Menurut kepala misi, setelah menyelidiki keadaan dan berbicara kepada saksi mata dan penduduk setempat, disimpulkan bahwa kejahatan pembantaian tersebut tidak bisa dilakukan oleh seorang seorang prajurit tunggal.

Seyed Ishaq Gilani juga mengatakan bahwa tokoh agama dan tetua suku setempat mengatakan ada lebih dari satu prajurit yang terlibat.

Sementara itu militer AS bersikeras bahwa hanya satu prajurit terlibat dalam pembantaian di Kandahar.

Sebelumnya pada hari Minggu, seorang tentara AS menembaki warga sipil Afghanistan di dalam rumah mereka, menewaskan sedikitnya 16 dan melukai beberapa lainnya di kota Panjwaii.

Pemimpin suku Kandahar meminta pemerintah Afghanistan dan masyarakat internasional untuk melakukan penyelidikan kejahatan itu dan menempatkan para pelaku tindakan keji diadili di pengadilan Afghanistan.

Anggota parlemen Afghanistan juga menyerukan suatu pengadilan yang terbuka dari pasukan AS yang terlibat dalam pembantaian tersebut.

Sementara itu, Taliban Afghanistan telah bersumpah membalas dendam terhadap pasukan AS. (fq/prtv)

[al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.