Header Ads

Paus Tidak Terima Pemberitaan Vatileaks

Paus Benediktus XVI mengecam apa yang disebutnya pemberitaan yang salah oleh media, tentang skandal pembocoran dokumen yang telah mengguncang Tahta Suci Vatikan, lansir Euronews (30/5/2012).


Kecaman itu disampaikan Paus, setelah kepala pelayannya Paolo Gabriele ditangkap oleh kepolisian negara Vatikan, atas pembocoran dokumen rahasia Tahta Suci ke media.

“Tuduhannya dilebih-lebihkan dan dibesar-besarkan oleh media, yang mana sama sekali tidak dijamin mana yang melebihi fakta atau bukan, sehingga menimbulkan citra yang sama sekali tidak mencerminkan Tahta Suci.” kata Paus Benediktus.
 

Sementara itu jurnalis Gianluigi Nuzzi, yang bukunya mencuatkan skandal itu, mengatakan bahwa ia hanya menjalankan pekerjaannya dan mengklaim bahwa ada lebih dari 10 orang pembocor rahasia Vatikan tersebut.
 

Buku Nuzzi bercerita mengenai skandal pembocoran sejumlah dokumen yang dijuluki dengan 'Vatileaks', yang menunjukkan terjadinya tindak korupsi, kroniisme dan konflik di dalam tubuh gereja serta manajemen Bank Vatikan. Dokumen yang bocor termasuk sejumlah surat pribadi Paus Benediktus XVI. [hidayatullah/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.