Header Ads

Pembubaran Diskusi di Salihara Sah, Besok TPM dan FUI Akan Datangi Mabes Polri

Pembubaran diskusi tokoh feminis-lesbian Irshad Manji di Komunitas Salihara, Jalan Salihara, Pasar Minggu, pada Jumat malam lalu (4/5/2012) secara hukum adalah sah. Kapolsek Pasar Minggu sebagai pejabat yang memiliki kekuasaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat memang memiliki wewenang untuk itu.



Karena itu, Ketua Dewan Pembina Tim Pengacara Muslim (TPM) Mahendradatta bersama Forum Umat Islam (FUI) berencana akan mendatangi Propam Mabes Polri untuk menyampaikan pendapat hukum bahwa pembubaran diskusi Irshad Manji oleh Kapolsek Pasar Minggu adalah sah.

"Bagi Tokoh Islam yang mau mendampingi Bang Mahendradatta untuk datang ke Propam Mabes Polri silahkan gabung besok ba'da Sholat Jumat di Masjid Agung Al Azhar", bunyi SMS Sekjen Forum Umat Islam (FUI) KH Muhammad Al Khaththath kepada sejumlah tokoh dan pimpinan ormas Islam hari ini (10/5/2012).

Seperti diketahui, diskusi buku "Allah, Liberty and Love" di Komunitas Teater Salihara pada Jumat malam lalu dibubarkan oleh Kapolsek Pasar Minggu Kompol Adri Desas Furyanto, SH bersama sejumlah warga yang resah dan terganggu akibat diskusi tersebut. Kapolsek membubarkan acara yang juga dihadiri sejumlah pentolan liberal seperti Goenawan M, Guntur Romli dan Ulil Abshar Abdalla, ketika acara telah berlangsung selama 15 menit. Irshad Manji akhirnya dievakuasi oleh aparat keamanan.

Komunitas Salihara akhirnya melaporkan Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Adri Desas Furyanto, SH ke Devisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri. Adri dilaporkan terkait kerusahan pada diskusi buku Irshad Manji, ‘Allah, Love and Liberty’.

Selain Kapolsek Pasar Minggu, dalam surat bernomor 13/KS/ND/05/2012 itu juga tersebut nama Kapolres Jakarta Selatan Kombes (Pol) Drs. Imam Sugiyanto MSi. Adri dan Imam dilakorpkan ke Propam Polri pada Kamis, (10/5/2012). Keduanya diadukan oleh Komunitas Salihara atas dugaan memihak secara tidak adil kepada kelompok yang membubarkan diskusi buku Irshad Manji Allah, pada Jumat, 4 Mei 2012 pukul 19.00 WIB. [SIOnline/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.