Header Ads

Para Demonstran di Tripoli Beraksi Atas Pembantaian Houla

Adanya lebih dari 100 korban pembantaian Houla yang terjadi di Suriah menjadi topik pembahasan pada demontrasi di hari Jumat yang berkumpul di Tripoli untuk mengekspresikan dukungan bagi dibukanya pintu pemberontakan berikutnya serta bagi pembebasan para tahanan Islam Libanon yang ditahan tanpa proses pengadilan. Protes terpisah juga terjadi di Beirut dan Bekaa, dalam apa yang telah menjadi ritual mingguan di hari Jumat.



Di Tripoli, beberapa ratus orang berkumpul di Masjid Hamza di wilayah Qibbeh untuk mendengarkan Syeikh Zakaria Masri yang menyampaikan khotbah di mana ia menghukum peran Iran di kawasan itu dan tindakan rezim Suriah.

Masri juga mengkritik negara-negara Barat dan Iran, menuduhnya berusaha untuk mengontrol Irak, Suriah dan Libanon.

Pertemuan itu diadakan oleh Komite Koordinasi Tripoli, yang telah absen dari protes-protes hari Jumat pada beberapa minggu terakhir. Sejumlah anak-anak Suriah juga mengambil bagian dalam pawai di sepanjang jalan-jalan kota setelah salat Jumat.

Para demonstran membawa poster yang mengutuk pembantaian Houla, di mana sejumlah besar anak-anak kehilangan nyawa mereka, sambil meneriakkan slogan-slogan dukungan terhadap para pemberontak Suriah dan para pedagang di Damaskus dan kota-kota lain yang telah mengambil bagian dalam pemogokan umum dalam beberapa hari terakhir.

“Kami telah memiliki cukup inisiatif - kami menunggu tindakan,” terpampang pada beberapa spanduk, dengan merujuk pada upaya-upaya diplomatik yang dipimpin oleh utusan internasional, Kofi Annan.

Pertemuan kedua diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir setelah sholat Jumat di Masjid Agung. Para pengunjuk rasa memegang bendera hitam (ar Royya) dan mengutuk pembunuhan orang-orang tak berdosa oleh pasukan rezim Assad di Suriah. Beberapa ratus demonstran, disertai oleh pasukan Angkatan Darat dan polisi, menyelesaikan perjalanan mereka melewati kota dengan damai.

Secara terpisah, para pendukung Al-Jamaa al-Islamiyah mengadakan sholat Jumat di Nour Square, di mana para penceramah mengutuk pemerintah karena perlakuan mereka terhadap tahanan Islam yang telah ditahan tanpa pengadilan selama hampir lima tahun.

Sheikh Youssef Jajieh menuntut pemerintah untuk mengeluarkan amnesti bagi para tahanan, sambil bertanya: “Bagaimana bisa ada keadilan ketika kelompok Islam ditahan sementara para penjahat dijadikan tidak bersalah dan para kolaborator (dengan Israel) dibebaskan?”

Dia tampaknya merujuk pada pejabat Gerakan Pembebasan Patriotik, Fayez Karam, yang baru-baru ini mengambil keuntungan dari pengurangan hukuman dan dibebaskan setelah ditahan kurang dari dua tahun penjara karena melakukan kontak dengan Israel. Sebuah pengadilan militer pekan ini melakukan banding dan juga memerintahkan pembebasan atas seorang mantan walikota, yang dihukum atas tuduhan yang sama, setelah memutuskan mengurangi hukumannya.

“Kita sekarang mendengar tentang pembebasan atas para kolaborator yang menyakiti rakyat di pinggiran kota [selatan Beirut],” katanya.

“Mengapa kita tidak mendengar sesuatu keadilan tentang tahanan Islam – para pemuda kita yang diburu atas nama ‘teror?” tanyanya.

Jajieh juga mengutuk kekerasan di Suriah, dengan menuduh masyarakat internasional menjadi. “Kaki tangan atas kejahatan yang dilakukan di Homs, Hama, Deir al-Zour dan tempat-tempat lain. [mediaumat/HTIPress/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.