Header Ads

Bukan Wahyu, Amin Rais Minta Pancasila Tidak Dikultuskan

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais mewanti-wanti agar bangsa Indonesia tidak mengkultuskan Pancasila dan menjadikannya sebagai agama bayangan atau agama semu.


"Pancasila jangan dikultuskan. Pancasila jangan disembah-sembah. Pancasila jangan menggusur agama," kata Amien Rais saat menjadi pembicara di "Seminar Nasional Empat Pilar Berbangsa" yang dilaksanakan Fraksi PAN MPR di Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Menurut Amien, pada jaman Orde Baru, melalui penataran P4, Pancasila seakan-akan menjadi agama bayangan. Padahal, tambahnya, Pancasila adalah buatan manusia bukan wahyu Illahi.

"Dulu, menurut saya penataran P4 itu sangat berlebihan. Penataran P4 itu, menjadikan Pancasila jadi agama semu," kata Amien.

Saat ini, Amien menegaskan, yang terpenting adalah seluruh rakyat Indonesia harus memahami Pancasila karena Pancasila merupakan ideologi negara saja.

Empat Pilar Bangsa, dipopulerkan dan menjadi program yang terus digembar-gemborkan oleh Ketua MPR Taufik Kiemas. Program ini nampaknya sebagai upaya untuk deradikalisasi masyarakat.

Umat Islam yang mayoritas di negeri ini seolah menjadi sasaran program ini. tetapi faktanya, memang sejak awal umat Islamlah yang lebih bnyak berkorban untuk NKRI. Mereka yang sok mempunyai jiwa NKRI ketika menghadapi umat Islam, ternyata palsu.

Ulil Abshar Abdallah misalnya, baru-baru ini dengan terang-terangan mempersilahkan Papua merdeka dari Indonesia. Sementara umat Islam di Papua berjuang terus untuk mempertahankan wilayah itu agar tidak lepas dari NKRI. [SIOnline/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.