Header Ads

Pengumuman Hasil Penelusuran Hilal Ramadhan 1433 H

Kantor Media Pusat
Hizbut Tahrir

No        : 15/1433 H
Tanggal: 29 Sya’ban 1433 H/19 Juli 2012 M

Pengumuman Hasil Penelusuran Hilal dan
Ucapan Selamat Ramadhan Yang Penuh Berkah

] شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُواْ الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُواْ اللّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ [

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS al-Baqarah [2]: 185)

Segala puji hanya bagi Allah dan shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah saw beserta keluarga dan sahabat beliau serta kepada siapa saja yang loyal kepada beliau. Juga kepada siapa saja yang mengikuti beliau dan menelusuri garis jejak langkah beliau sehingga ia menjadikan akidah islamiyah sebagai asas pemikirannya dan menjadikan hukuk-hukum syara’ sebagai standar perbuatannya dan sebagai sumber bagi hukum-hukumnya. Amma ba’du.

Imam al-Bukhari telah mengeluarkan di dalam Shahîhnya dari jalur Muhammad bin Ziyad, ia berkata: aku mendengar Abu Hurairah ra berkata: Nabi saw bersabda atau Abu al-Qasim saw bersabda:

« صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وأَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ فَإنْ غُـبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأََكْمِلُوْا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ»

Berpuasalah kalian karena melihat hilal dan berbukalah kalian karena melihat hilal dan jika kalian tertutup mendung maka genapkanlah hitungan bulan Sya’ban tiga puluh hari

Dan setelah menelusuri hilal Ramadhan yang penuh berkah pada malam ini, Kamis malam, maka telah terbukti terlihat hilal dengan rukyat syar’i di beberapa negeri kaum muslimin. Atas dasar itu maka besok, Jumat, adalah hari pertama bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Bertepatan dengan itu maka Amir HizbutbTahrir al-‘alim al-jalil ‘Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah hafizhahullâh menyampaikan ucapan selamat kepada umat Islam atas datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah seraya berdoa memohon kepada Allah SWT agar menolong umat ini dengan pertolongan yang memuliakan dan menguatkan. Sehingga umat Islam menerapkan Islam sebagaimana yang diperintahkan oleh Rabb semesta alam, dan Islam diemban ke seluruh dunia dengan dakwah dan jihad sehingga mengeluarkan umat manusia dari kegelapan kekufuran menuju cahaya Islam. Amir Hizbut Tahrir memohon kepada Allah SWT agar khalifah sendiri yang menyampaikan ucapan selamat Ramadhan tahun depan. Pada hari itu orang-orang yang beriman bergembira karena pertolongan Allah.

] وَنُرِيدُ أَنْ نَمُنَّ عَلَى الَّذِينَ اسْتُضْعِفُوا فِي الأَرْضِ وَنَجْعَلَهُمْ أَئِمَّةً وَنَجْعَلَهُمُ الْوَارِثِينَ [

Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi (Mesir) itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi (bumi) (QS al-Qashshash [28]: 5)

Sebagaimana saya juga merasa bahagia untuk menukilkan ucapan selamat dari ketua Kantor Media Pusat Hizbut Tahrir dan seluruh aktivis kepada Amir Hizbut Tahrir al-‘alim al-jalil ‘Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah dan seluruh kaum muslimin dengan datangnya bulan Ramadhan yang dimuliakan ini. Teriring doa kepada Allah SWT agar menghimpunkan kita termasuk orang-orang bertakwa bulan pengampunan dan kebaikan. Sebagaimana kita memohon kepada Allah SWT agar menyampaikan kita ke malam Lailatul Qadar dan menganugerahi kita dengan pahalanya. Ya Allah Rabb langit dan bumi muliakanlah kami dengan baiat kepada Khalifah kaum Muslimin di dalam al-Khilafah ar-Rasyidah yang kedua, Allâhumma âmîn âmîn âmîn.

Utsman Bakhash
Direktur Kantor Media Pusat
Hizbut Tahrir

http://hizbut-tahrir.or.id/2012/07/20/pengumuman-hasil-penelusuran-hilal-ramadhan-1433-h/
[al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.