Header Ads

Kanselir Jerman Larang Pendeta Terry Jones Masuk Negaranya

Pendeta biang kerok pembakaran al-Qur`an asal Florida Amerika Serikat, Terry Jones, dilarang masuk negara Jerman. Tidak tanggung-tanggung, larangan itu ditegaskan oleh pemimpin tertinggi negara itu Kanselir Angela Merkel.

Angela Merkel menegaskan pemerintah akan melarang seorang pendeta kontroversial dari Amerika Serikat memasuki wilayah Jerman, tulis BBC (17/9/2012).

Pendeta Terry Jones diundang untuk menghadiri pertemuan organisasi-organisasi sayap kanan Jerman.

Namun, Angela Merkel telah menegaskan pemerintah tidak akan mengeluarkan visa kepada pendeta yang namanya mencuat antara lain karena mengancam akan membakar kitab suci Islam di Amerika.

Dia mengatakan kebebasan berekspresi memang penting tetapi tidak berarti tanpa mengenal batas.

“Saya percaya bahwa kebebasan berpendapat harus ditafsirkan secara luas tetapi pada saat yang sama kita, misalnya, telah menegaskan bahwa kita tidak akan mengizinkan Pendeta Terry masuk ke Jerman,” kata Kanselir Jerman dalam jumpa pers di Berlin, Senin (17/9/2012).

“Kita mengatakan kebebasan beragama berarti setiap orang bebas menjalankan agama masing-masing. Tetapi saya ingin menegaskan kekerasan bukanlah cara untuk menyampaikan pemikiran alternatif Anda. Saya mengatakan hal itu terkait serangan-serangan terhadap kedutaan,” tambahnya.

Terry Jones menyatakan dukungan terhadap film “Innocence of Muslims” yang dibuat di Amerika Serikat. Partai kanan Pro Jerman yang mengundang Jones mengatakan, pihaknya berencana memutar film itu di Berlin dalam beberapa bulan mendatang, dan akan berusaha mendatangkan orang lain yang terlibat dalam pembuatannya. [hidayatullah/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.