Header Ads

Ustadz Adian: ‘Tantangan Umat Islam Itu Bukan JIL’

“Tantangan umat Islam itu bukan JIL (Jaringan Islam Liberal) dan jangan hanya terpaku dengan JIL,” pernyataan tegas tersebut disampaikan oleh ustadz Dr. Adian Husaini sewaktu membuka acara refleksi 10 tahun INSISTS dalam acara Peringatan 10 Tahun Perjalanan Dakwah INSISTS di gedung pertemuan Al-Irsyad Solo Jumat malam 25 Januari 2013.



Menurut Ustadz Adian, JIL hanyalah bagian kecil dari tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini karena masalah utama yang sudah menjadi persoalan umat Islam sejak dahulu adalah Orientalisme, Liberalisme dan Sekularisme. Meskipun tidak salah melakukan aksi perlawanan terhadap JIL itu sendiri, ujar ustadz Adian di depan sekitar seratusan peserta acara tersebut.

Bagi ustadz Adian, Orientalisme, Liberalisme dan Sekularisme sudah masuk ke Indonesia sejak lama, terbukti dengan ide-ide sekularisme yang dikampanyekan oleh Harun Nasution (mantan rektor IAIN Jakarta) yang sudah menyebar luas di kalangan umat Islam.

Dalam paparannya Ustadz Adian juga menjelaskan bahwa umat Islam saat ini menghadapi liberalisasi agama yang sulit untuk membendungnya, karena juga sudah ada sebelumnya liberalisasi warisan dari penjajah, terutama ajaran Nativasi yang mengajak umat khususnya umat Islam untuk kembali ke ajaran atau budaya nenek moyang. Bahkan almarhum Buya Hamka pernah mengungkapkan bahwa “bangsa kita khususnya umat Islam dididik untuk lebih mencintai Gajah Mada daripada Raden Fatah yang Islam.”

“Ini menjadi tantangan besar bagi peradaban Islam saat ini terutama INSIST yang baru berdiri tahun 2003 lalu karena INSIST didirikan dalam konteks untuk membangun peradaban Islam di Indonesia,” pungkas ustadz Adian.(fq/islampos)[www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.