Header Ads

Refleksi Runtuhnya Khilafah 3 Maret 1924

Jogja (3/3/2013)- sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Hizbut Tahrir Indonesia Chapter Kampus Hamfara, pagi hingga siang tadi (3/3) melakukan aksi (masirah). Aksi tersebut beretepatan dengan tanggal 3 Maret 2013 dalam rangka mengenang dan mengingatkan kepada masyarakat Jogja dan sekitarnya, bahwa pada 89 tahun yang lalu bertepatan dengan resminya pembubaran Khilafah Usmani (Ottoman) di Turki.
Aksi yang bertemakan “Demokrasi Mati, Saatnya Khilafah Kembali” ini diikuti oleh sekita 200 peserta yang terdiri dari ikhwan dan akhwat. Aksi tersebut diikuti pula oleh beberapa UKM yang berada di STEI Hamfara.
Awalnya peserta berangkat dari Kampus STEI Hamfara pukul 08.00 WIB dan kemudian dipisah menjadi tiga bagian dipertengahan jalan, setelah selanjutnya akan berkumpul kembali di Jl. Abu Bakar Ali. Ada peserta yang menggunakan motor, bus dan pick-up serta sepeda. Pasukan motor terlebih dahulu konvoi mengelilingi kota Jogja, yakni mulai dari Ringroad Selatan hingga ke Ringroad TImur hingga akhirnya berkumpul dengan peserta yang lain di Jl. Abu Bakar Ali.
Peserta yang bersepeda (Pasukan Sepeda) melakukan konvoi juga menuju tujuan dengan start dari Jl. Parangtritis (Depan Masjid Danunegaran) hingga akhirnya berkumpul dengan peserta yang lain di Jl. Abu Bakar Ali juga. Peserta yang menggunakan bus dan pick-up berkumpul lebih awal di Jl. Abu Bakar Ali.
Aksi diawali dengan longmarch dari Jl. Abu Bakar Ali menyusuri Jl. Malioboro hingga berhenti di 0 KM. Selama aksi longmarch tersebut diisi dengan orasi-orasi yang disampaikan oleh beberapa perwakilan UKM yang ada di STEI Hamfara. Di pandu oleh dua agitator yakni M. Anang Anshori dan M. First Syaoqi Suhartono, aksi longmarch berlangsung meriah dan tertib. Para orator yang berkontribusi adalah Wahyudi Suprianto (BEM STEI Hamfara), Eko Prayitno (IMSyF), Deni Shihabuddin (HMPS), Arif Isnan (Permata), Lutfi Sarif Hidayat (Kastrad), Ali Akbar (eL-FaruQ), dan Rian Triana (SOC).
Aksi tersebut berada di bawah pengawasan Kordinator Lapangan, Eko Wahyu Sulistio, yang juga merupakan aktivis Hizbut Tahrir Chapter Hamfara yang masih berstatus sebagai Mahasiswa STEI Hamfara semester VI jurusan studi Manajemen Syariah.
Aksi orasi kembali dilakukan di 0 KM. Peserta dipusatkan di sekitaran trotoar yang ada di lingkungan 0 KM. dipandu oleh MC, Adjih Mubarok, para peserta aksi meneriakkan beberapa yel, diantaranya adalah “Khilafah, khilafah, khilafah..”, “Al-Ummah Yuridu Khilafah Islamiyyah”, “Demokrasi pasti mati, Khilafah Tegak kembali”.
Orator yang berorasi di 0 KM diantaranya adalah La Ode Munafar (BKLDK), Irfan Firdaus (GEMA Pembebasan Hamfara), dan Lutfi Sarif Hidayat (HTI Chapter Hamfara). Acara dibuka dengan tilawah dan ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Widodo.
Acara tersebut berlangsung tertib dan aman. Dan berakhir pada pukul 11.15 WIB._MF [www.al-khilafah.org
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.