Header Ads

Agen Ganda Yang Disusupkan Amerika Ke Afghanistan

Pembom bunuh diri yang menewaskan tujuh agen CIA di Afghanistan adalah seorang informan Yordania, begitu laporan media AS.

Ia diberitakan telah direkrut oleh dinas intelijen Yordania untuk menyusup. Ia diyakini telah bekerja di Afghanistan timur menyamar selama berminggu-minggu sebelum meledakkan sebuah bom di Forward Operating Base Chapman.

Serangan itu merupakan yang terburuk terhadap pejabat intelijen AS sejak peristiwa pembomanan Kedutaan Besar AS di Beirut pada 1983.

Orang itu disinyalir bernama Humam Mulal Abu Khalil al-Balawi, 36 tahun berasal dari Zarqa, Yordania, dan ditangkap oleh intelijen Yordania lebih dari setahun yang lalu.

CIA sendiri telah menolak untuk mengomentari laporan.

Namun rupanya di tengah jalan, Humam yang ditugaskan sebagai mata-mata ini tiba-tiba tersadar bahwa jika ia terus menjalankan tugasnya, maka ia akan menjadi suruhan orang-orang Asing. Tidak heran, jika kemudian ia memutuskan untuk menyerang yang memperkerjakannya.

Seorang jurubicara Taliban mengatakan bahwa Humam al-Balawi adalah seorang agen ganda yang telah menyesatkan Yordania dan intelijen AS selama setahun belakangan ini.

Forward Operating Base Chapman, bekas pangkalan militer Soviet, digunakan tidak hanya oleh CIA, tetapi juga oleh tim rekonstruksi provinsi, yang meliputi, tentara dan warga sipil.

Tampaknya orang-orang seperti Humam yang dijadikan sebagai mata-mata AS jumlahnya tidak sedikit. Namun, yang berani melawan yang memperkerjakannya jelas tidak banyak, dan Humam merupakan salah satunya. (sa/bbc/ermslm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.