Header Ads

Aparat Keamanan Malaysia Bubarkan Acara Komunitas Syi'ah

Pemerintah Malaysia membubarkan sebuah pertemuan massa dari kalangan Syi'ah dan menahan sedikitnya empat orang dalam tindakan tersebut.

Petugas departemen Agama Malaysia ditemani dengan setidaknya 20 pasukan keamanan menyerbu sebuah pertemuan yang diadakan untuk merayakan ulang tahun dari putri Nabi Muhammad SAW), Fatimah pada hari Selasa kemarin (24/5), AFP melaporkan.

"Kami sedang makan siang dengan sejumlah 200 orang, banyak dari mereka adalah non-Muslim, yang ingin ikut merayakan ulang tahun Fatimah, ketika tempat kami digerebek," kata Wahab Omar, salah satu pemimpin komunitas Syiah Malaysia.

"Ini adalah murni sebuah pertemuan sosial, namun kami terus dilecehkan oleh otoritas agama Malaysia," kata Wahab.

Tokoh pemimpin Syiah Malaysia Kamil Zuhairi Abdul Aziz dan tiga pengikut lainnya ditangkap oleh aparat keamanan Malaysia.

Kamil Zuhairi sebelumnya menyalahkan pejabat pemerintah yang secara sistematis melanggar hak-hak dasar warga Syiah di negara mayoritas Muslim Sunni tersebut.

Desember lalu, lebih dari 200 Muslim Syiah, termasuk warga Iran, Indonesia dan Pakistan, ditangkap di sebuah upacara peringatan wafatnya Imam Syiah ketiga dan cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Hussain, yang syahid di Karbala, Irak, lebih dari 1.300 tahun yang lalu.

Beberapa dari mereka yang ditahan dibawa ke pengadilan agama dan sedang menunggu persidangan.(fq/prtv/eramuslim.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.