Header Ads

Kredit Macet US$1 T, Bank of America Tawarkan PHK

Dalam sebuah memo pejabat eksekutif Bank of America, bank tersebut sedang menghadapi masalah kredit rumah bermasalah senilai US$1 triliun. Tak lama berselang mereka merencanakan PHK untuk 40.000 karyawan. Wow..!

Dengan lilitan kredit macet itu, bank terbesar di AS ini melakukan kebijakan restrukturisasi. Pada tahap pertama mereka sedang membahas pemangkasan sekitar 40.000 karyawannya, yang dikutip dari yahoofinance.com.

Restrukturisasi ini bertujuan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja untuk setahun ke depan. Tetapi jumlah pastinya belum diputuskan dan bisa berubah. Eksekutif bank ini telah melakukan pertemuan sejak Kamis dan dilanjutkan Jumat kemarin. Mereka mematangkan diskusi untuk keputusan akhir pengurangan, penempatan untuk pekerjaan dalam lima bulan ke depan.

Pada perdagangan akhir pekan ini, saham Bank of America (BAC) pun jatuh hingga 3,06%. Industri perbankan termasuk sektor yang cukup ketat dalam mengatur karyawannya. Hal ini berkaitan dengan pendapatan dan investasi yang dijalankan dalam setiap tahun berjalan.

Bank ini sejak awal bulan telah diisukan berpotensi melakukan PHK terhadap 25.000-30.000 karyawannya untuk beberapa tahun ke depan. Saat menyadari mengalami kredit rumah yang bermasalah hingga US$1 trliun, sasaran PHK hanya untuk 3.500 pekerja.

Sepanjang tahun ini, terdapat 70.000 staf perbankan di AS dan Eropa. Mereka akan masuk dalam program pemangkasan pegawai pada tahap ketiga atau keempat tahun berjalan.(inilah)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.