Header Ads

Menlu Finlandia: Pendudukan Israel di Palestina Sama Dengan Apartheid

Menteri luar negeri Finlandia menggambarkan pendudukan ilegal Israel atas wilayah Palestina sebagai tindakan "apartheid," sembari memperingatkan bahwa waktu untuk solusi dua-negara telah habis.

"Jika Anda menempati area yang dihuni oleh warga Palestina yang tidak memiliki hak yang sama seperti orang Israel di Israel, maka hal itu adalah tindakan apartheid," dikutip AFP atas pernyataan menlu Finlandia Erkki Tuomioja yang mengatakan pada Rabu kemarin (26/10).

"Saya berpikir bahwa mayoritas di Israel juga menyadari hal ini namun mereka tidak mampu untuk menyediakan kepemimpinan yang (dapat) bergerak maju pada solusi dua-negara," kata Tuomiojo.

Sementara itu, utusan dari Kuartet Timur Tengah, yang terdiri dari Uni Eropa, Amerika Serikat, Rusia dan PBB, mengadakan pembicaraan terpisah dengan para pejabat Israel dan Palestina di al-Quds (Yerusalem).

Kepala negosiator Otoritas Palestina, Saeb Erekat, meragukan apakah perundingan bisa memiliki hasil positif selama Israel terus melakukan konstruksi pemukiman ilegal.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.