Header Ads

Kepala negara Liberia bekerja untuk CIA?

Charles Taylor, kepala negara Liberia, merupakan presiden Afrika pertama yang akan dituntut atas kejahatan perang oleh pengadilan internasional, karena bekerja untuk CIA, surat kabar Boston Globe melaporkan minggu ini.


Laporan, yang didasarkan pada informasi yang dibuat enam tahun lalu, mengatakan bahwa Taylor memiliki hubungan dengan agen mata-mata AS selama bertahun-tahun, meskipun rincian dari apa yang dia lakukan tidak jelas.

“Rincian peran Taylor dalam atas nama agen mata-mata yang terkandung dalam puluhan laporan rahasia – setidaknya 48 dokumen terpisah – yang mencakup beberapa dekade. Namun, durasi yang tepat dan ruang lingkup hubungan tetap tersembunyi,” kata harian tersebut.

Mantan presiden Liberia itu saat ini sedang menunggu vonis dalam pengadilan kejahatan perang di Pengadilan Khusus untuk Sierra Leone di Belanda.

Dia dituduh atas 11 tuduhan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, dimana ia mempersenjatai Front Persatuan Revolusioner (RUF) Sierra Leone dalam bisnis “berlian berdarah.”

Perang sipil Sierra Leone merenggut sekitar 120.000 jiwa dalam 10 tahun sampai 2001, dengan pemberontak RUF, yang digambarkan oleh jaksa sebagai “tentara bayaran” Taylor menyiksa ribuan warga sipil.

Taylor mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan.

Laporan Boston Globe ini didukung rumor lama karir Taylor dengan Central Intelligence Agency.

Menurut laporan itu, ia mulai bekerja dengan CIA pada awal tahun 1980. Setelah ia didakwa dan meninggalkan kursi kepresidenan pada 2003, dia tinggal di Nigeria. Ia akhirnya diserahkan ke pengadilan internasional pada tahun 2006. (althaf/arrahmah)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.