Header Ads

Di Berbagai Penjuru Dunia, Kaum Muslim Hari Ini Menggenapkan Ramadhan 1433, Idul Fitri Jatuh Pada Hari Ahad, 19/08/2012

Setelah dilakukan pencarian hilal Syawal pada Jumat petang, 29 Ramadhan 1433 H, di berbagi negeri tidak ditemukan hilal syar'i, maka Ramadhan digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari sehingga hari Sabtu, kaum Muslim masih shaum, dan Idul Fitri 1433 H jatuh pada hari Ahad, 19/08/2012.


Sebagaimana diperintahkan Rasulullah Saw., dari Imam Bukhari telah mengeluarkan di dalam Shahîh-nya dari jalur Muhammad ibn Ziyad, ia berkata: aku mendengar Abu Hurairah ra., berkata: “Nabi saw bersabda atau ia (Muhammad ibn Ziyad) berkata: Abu al-Qasim saw bersabda:

«صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوْا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ»

Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berbukalah kalian karena melihatnya, jika hilal itu tertutup bagi kalian (tidak bisa terlihat) maka genapkanlah hitungan Sya’ban menjadi 30 hari.

Di berbagai negeri hilal Syawal tidak terlihat sehingga Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari. Negeri-negeri Arab, termasuk Qatar, Arab Saudi, Yordania, Mesir, Kuwait, Palestina menyatakan bahwa Sabtu merupakan hari menggenapkan bulan Ramadhan, sehingga hari pertama Syawal jatuh pada hari Ahad, 19/08/2012. 

Digenapkannya shaum Ramadhan pada hari ini juga telah diumumkan oleh Kantor Berita Hizbut Tahrir pusat yang menyebutkan bahwa "Setelah penyelidikan hilal bulan Syawal di malam ini malam Sabtu, tidak terbukti rukyat hilal syar'i. Karena itu hari Sabtu besok bertepatan dengan 18 Agustus adalah penyempurnaan untuk bulan Ramadhan al-Mubarak".

Seperti disampaikan oleh Osman Bakhash, Direktur Kantor Berita Hizbut Tahrir Pusat, pada kesempatan ini, Amir Hizbut Tahrir Al-'Alim 'Atha bin Khalil Abu Rusytah Hafidzullah Ta'ala mengucapkan selamat kepada semua anak-anak umat Islam yang mulia dengan Ied.

"Dia memomohan kepada Allah untuk memberkahi kita mendirikan Khilafah yang akan menerapkan hukum Allah di bumi ini, dan membawa pesan Islam ke seluruh dunia sebagai petunjuk dan cahaya. Negara adil yang akan membebaskan negeri dan memberikan keadilan bagi rakyat, negara jihad yang akan melakukan futuhat terakhir dan menggemakan takbir dalam Ied mereka, dan dalam futuhat mereka Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallah Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahil hamd," ujar Osman Bakhash.
Sementara itu Hizbut Tahrir Indonesia akan menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1433 H di berbagai kota di nusantara. Sehingga kaum Muslim, di mana pun, dapat mengikuti sholat Idul Fitri bersama Hizbut Tahrir Indonesia. [m/kbht/syabab/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.