Header Ads

Studi: 20% Remaja Jakarta Hamil di Luar Nikah

Seks bebas yang dilakukan oleh remaja kian meningkat. Salah satu pemicunya, arus informasi yang tidak diimbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang kesehatan reproduksi baik pada orangtua maupun anak.



Pendidikan seksual yang kurang diberikan orangtua pada anak, jadi salah satu alasan angka ini selalu menunjukkan peningkatan.

Beberapa penelitian mengungkap remaja perempuan dan laki-laki berusia 15-19 tahun yang melakukan seks pranikah makin tinggi. Bahkan, Survei Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia (SKRRI) pada 2007 lalu menemukan, satu persen remaja wanita dan 6 persen remaja pria mengaku pernah melakukan seks di luar nikah.

Tak heran, jumlah kehamilan dan kelahiran di kalangan remaja juga tinggi. Sebuah studi lainnya pada 2010 di daerah kota besar seperti Jakarta menunjukkan 20,6 persen remaja mengalami kehamilan dan kelahiran sebelum menikah.

Tak hanya itu, seks bebas juga kerap berujung pada penyakit menular seksual, termasuk HIV/AIDS. Psikolog Baby Jim Aditya, pernah memaparkan kalau sebagian besar pengidap HIV/AIDS berada di usia produktif, yakni 20-29 tahun. [viva/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.