Hanya Orang Buta dan Tuli Yang Tidak Mewajibkan Khilafah
Syaikh Thahir bin Asyur mengatakan dalam Ushûl an-Nidzâm al-Ijtimâ’iy
fi al-Islâm bahwa “Menegakkan pemerintahan yang sifatnya umum dan
khusus bagi kaum Muslim merupakan perkara pokok (ushul) di antara
pokok-pokok syariah Islam. Dan hal itu ditetapkan melalui banyak dalil
baik dari al-Qur’an maupun as-Sunnah hingga mencapai katagori mutawatir
maknawi. Sehingga inilah yang mendorong para sahabat setelah wafatnya
Nabi Saw segera mengadakan pertemuan dan perundingan untuk mengangkat
pengganti Rasulullah dalam mengurusi urusan umat Islam. Di mana kaum
Muhajirin dan Anshar telah berijma’ saat di Syaqifah untuk mengangkat
Abu Bakar ash-Shiddiq menggantikan Rasulullah untuk memimpin kaum
Muslim. Dan setelah itu, kaum Muslim tidak ada perbedaan pendapat
tentang wajibnya mengangkat khalifah, kecuali orang-orang aneh dan
nyeleneh yang tidak perlu dihiraukan dari beberapa orang Khawarij dan
Mu’tazilah yang menolak adanya ijma’, mengingat mereka itu buta dan
tuli.
Kedudukan Khilafah dalam pokok-pokok syariah dimasukkah oleh ulama ushuluddin dalam masalah pokok-pokok agama, seperti bab imamah. Imam Haramain (Abu Ma’ali al-Juwaini) berkata dalam al-Irsyâd: “Pembicaraan tentang imamah tidak termasuk pokok-pokok akidah (keyakinan), namun bahayanya bagi orang yang tergelincir di dalamnya melebihi bahayanya bagi orang yang tidak mengerti pokok-pokok agama.” (Hizbut Tahrir Tunisia).
. ولم يختلف المسلمون بعد ذلك في وجوب إقامة خليفة إلا شذوذا لا يعبأ بهم من بعض الخوارج وبعض المعتزلة نقضوا الإجماع فلم تلتفت لهم الأبصار ولم تصغ لهم الأسماع. ولمكانة الخلافة في أصول الشريعة ألحقها علماء أصول الدين بمسائله، فكان من أبوابه الإمامة. قال إمام الحرمين [أبو المعالي الجويني] في الإرشاد: (الكلام في الإمامة ليس من أصول الاعتقاد، والخطر على من يزل فيه يربى على الخطر على من يجهل أصلا من أصول الدين[HTIPress/www.al-khilafah.org]
Kedudukan Khilafah dalam pokok-pokok syariah dimasukkah oleh ulama ushuluddin dalam masalah pokok-pokok agama, seperti bab imamah. Imam Haramain (Abu Ma’ali al-Juwaini) berkata dalam al-Irsyâd: “Pembicaraan tentang imamah tidak termasuk pokok-pokok akidah (keyakinan), namun bahayanya bagi orang yang tergelincir di dalamnya melebihi bahayanya bagi orang yang tidak mengerti pokok-pokok agama.” (Hizbut Tahrir Tunisia).
قال الشيخ الطاهر بن عاشور (في أصول النظام الاجتماعي في الإسلام):
“فإقامة حكومة عامة وخاصة للمسلمين أصل من أصول التشريع الإسلامي ثبت
ذلك بدلائل كثيرة من الكتاب والسنة بلغت مبلغ التواتر المعنوي. مما دعا
الصحابة بعد وفاة النبي صلى الله عليه وسلم إلى الإسراع بالتجمع والتفاوض
لإقامة خلف عن الرسول في رعاية الأمة الإسلامية، فأجمع المهاجرون والأنصار
يوم السقيفة على إقامة أبي بكر الصديق خليفة عن رسول الله للمسلمين. ولم يختلف المسلمون بعد ذلك في وجوب إقامة خليفة إلا شذوذا لا يعبأ بهم من بعض الخوارج وبعض المعتزلة نقضوا الإجماع فلم تلتفت لهم الأبصار ولم تصغ لهم الأسماع. ولمكانة الخلافة في أصول الشريعة ألحقها علماء أصول الدين بمسائله، فكان من أبوابه الإمامة. قال إمام الحرمين [أبو المعالي الجويني] في الإرشاد: (الكلام في الإمامة ليس من أصول الاعتقاد، والخطر على من يزل فيه يربى على الخطر على من يجهل أصلا من أصول الدين[HTIPress/www.al-khilafah.org]
Tidak ada komentar