Header Ads

Akibat Perang Iraq, AS Rugi Puluhan Triliun Dolar

Kerugian besar. Itulah yang diperoleh AS akibat invasi militernya ke Iraq. Tidak tanggung-tanggung, perang yang dilakukan AS untuk mengakhiri kekuasaan Saddam Hussein itu telah menelan biaya 1,7 triliun USD. Di samping itu, AS juga masih berutang kepada para veteran perangnya sebesar 490 miliar USD.


Penelitian tentang anggaran perang yang dilakukan oleh Institut Watson untuk Studi Internasional  Universitas Brown, Rhode Island meyakini bahwa biaya perang di Iraq akan membengkak menjadi sekitar 6 triliun USD hingga 40 tahun ke depan.

Selain itu, bunga yang harus dibayar pemerintah AS untuk biaya perang sebesar 2,2 triliun USD juga akan membengkak menjadi 4 triliun USD dalam beberapa dasawarsa mendatang, Reuters melaporkan pada hari Jum’at (15/3).

Invasi AS ke Iraq yang dimulai pada tahun 2003, semasa pemerintahan George W Bush Jr, telah membebani keuangan pemerintah AS antara 50 sampai 60 triliun USD. Studi yang diterbitkan sebelum peringatan 10 tahun invasi ke Iraq pada 19 Maret itu mengungkapkan, sangat besarnya “ongkos kemanusiaan” yang ditimbulkan oleh konflik yang berlangsung hampir 10 tahun itu. [sm/islampos/reu/sha/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.