Header Ads

Laporan Bank Dunia: Ekonomi Jalur Gaza di Ambang Kehancuran

Laporan Bank Dunia: Ekonomi Jalur Gaza di Ambang Kehancuran
Ekonomi di Jalur Gaza yang babak belum akibat perang berada di  “ambang kehancuran,” terseret oleh melonjaknya tingkat pengangguran yang diikuti perang musim panas lalu dengan Israel, pembatasan perbatasan wilayah itu dan disfungsi pemerintah, Bank Dunia mengatakan dalam sebuah laporan baru.



Pertikaian antara penguasa Hamas di Gaza dan presiden Otoritas Palestina yang didukung Barat, Mahmoud Abbas, kata lapora,  menunda rekonstruksi wilayah itu yang mengalami kerusakan luas selama perang.

Laporan itu mengatakan tingkat pengangguran di Gaza sekarang adalah 44 persen, 11 poin lebih tinggi dari sebelum perang – dan merupakan tingkat tertinggi di dunia.
Tingkat pengangguran kaum muda, yang berada pada angka 60 persen, adalah yang tertinggi di Timur Tengah, kata laporan itu.

Namun, angka-angka ini tidak dapat menggambarkan tingkat penderitaan warga Gaza,” kata laporan itu, dengan mengutip masalah gangguan listrik, terbatasnya akses terhadap air, “trauma psikologis yang berhubungan dengan perang” dan terbatasnya upaya untuk membersihkan karena kesulitan bahan impor untuk membangun kembali.

Kebijakan Israel dan Mesir telah meningkatkan pembatasan yang diberlakukan pada tahun 2007, setelah Hamas merebut wilayah itu, dan sekarang menghalangi beragam impor dan ekspor dan mencegah warga Gaza meninggalkan wilayah itu , kecuali dalam keadaan yang luar biasa.

Bank Dunia mengatakan pembatasan harus dihapuskan untuk memungkinkan bahan bangunan “untuk masuk dalam jumlah yang cukup” dan untuk memungkinkan ekspor.

“Ekonomi tidak dapat bertahan hidup tanpa terhubung ke dunia luar,” laporan itu mengutip Steen Lau Jorgensen, Direktur bank untuk Tepi Barat dan Gaza, mengatakan.

Sameer Abumdallala, dosen ekonomi di Universitas Al-Azhar Gaza, yang tidak berpartisipasi dalam menulis laporan Bank Dunia itu, memperkirakan bahwa 30.000 orang menganggur karena kurangnya aktivitas konstruksi.

Dengan bertambahnya kesengsaraan bagi warga Gaza, sebagian besar pegawai negeri Hamas, sekitar 40.000 orang, belum dibayar selama berbulan-bulan karena kekurangan dana, kata Abumdallala.

Laporan itu mengatakan bahwa 40 persen penduduk Gaza dari hampir 1,8 juta warga Palestina hidup dalam kemiskinan, meskipun sekitar 80 persen menerima bantuan. (The  New York Times, 22/5/2015) [www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.