Header Ads

Pejuang Oposisi Libya Merebut Beberapa Bagian dari Kota Zawiyah

Pejuang oposisi Libya telah menguasai beberapa bagian kota strategis zawiyah pada saat pertempuran mematikan dengan pasukan yang setia kepada penguasa negara Muammar Gaddafi berlanjut.

"Pasukan kami berada dalam kendali dari gerbang barat dan selatan zawiyah, dan telah mendorong masuk sejauh tiga kilometer (1,8 mil) ke kota," kata Bashir Ahmed Ali, komandan pasukan revolusioner dalam pertempuran zawiyah, AFP melaporkan pada hari Minggu kemarin (14/8).

"Pasukan Rezim sendiri berada dalam kendali pusat timur dan utama dari kota, di mana penembak jitu ditempatkan di atas banyak bangunan," tambah Ali.

Para pejuang menyatakan banyak korban dari penembak jitu, meskipun ia tidak menyebutkan angka yang tepat.

Beberapa orang di daerah perumahan kota tidak bisa meninggalkan rumah mereka karena takut adanya penembak jitu, kata komandan revolusioner.

Kota strategis Zawiyah terletak sekitar 50 kilometer (32 mil) barat ibukota Tripoli yang masih menjadi basis kubu Gaddafi.

Perwakilan badan oposisi di Zawiyah, Dewan Nasional Transisi (TNC), menyatakan kekhawatiran mereka bahwa pasukan pro-Gaddafi mungkin akan mendatangkan bala bantuan ke wilayah itu untuk menghentikan laju para pejuang dan merebut kembali beberapa bagian kota yang berhasil direbut.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.