Header Ads

Kapal Perang Kanada Mulai Berlayar Menuju Libya

Sebuah kapal perang Kanada telah berlayar ke perairan Libya untuk bergabung dengan armada internasional untuk penyebaran pasukan yang mungkin akan meningkatkan kekuatan utama angkatan laut AS yang sudah berada di kawasan tersebut.

Kapal perang tersebut meninggalkan pelabuhan Halifax dan memulai perjalanan tujuh hari ke Libya, AFP melaporkan.

Kapal perang HMCS Charlottetown akan melakukan operasi yang tidak terdefinisi yang kabarnya dapat meliputi bantuan evakuasi pada saat demonstran pro-demokrasi semakin mendekati ibu kota Tripoli untuk memaksa penyingkiran diktator Libya Muammar Gaddafi.

Sementara itu, dua kapal perang AS menuju Mediterania telah memasuki Terusan Suez Mesir.

USS Kear-sarge dan USS Ponce membawa ratusan marinir, armada helikopter dan peralatan militer.

Hal ini datang pada saat spekulasi meningkat tentang kemungkinan adanya intervensi militer asing di Libya.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengatakan kepada parlemen bahwa kapal perang yang mereka kirim akan berpartisipasi dalam operasi evakuasi internasional dalam keprihatinan mendalam yang terjadi wilayah tersebut.

Tindakan brutal oleh rezim Muammar Gaddafi terhadap demonstran pro-demokrasi telah menyebabkan ribuan orang tewas, dan banyak lagi yang terluka sejauh ini.

Ribuan warga Libya telah melarikan diri ke Mesir, Tunisia dan beberapa negara Eropa seperti Italia.

Gaddafi telah bersumpah untuk tetap berkuasa meskipun adanya fakta bahwa sebagian besar negara, kecuali ibukota Tripoli, telah jatuh di bawah kendali pasukan anti-pemerintah bersamaan dengan mantan menteri kehakiman telah membentuk pemerintahan transisi.(fq/prtv/eramuslim.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.