Header Ads

Sentiman Anti AS Meningkat, Latihan Militer AS-Mesir Dibatalkan

Amerika Serikat dan Mesir memutuskan untuk membatalkan latihan militer yang direncanakan tahun ini yang dijuluki Bright Star, pada saat tekanan semakin meningkat terhadap penguasa militer negara Afrika Utara dukungan AS tersebut.

"Pelatihan militer Bright Star dibatalkan tahun ini mengingat adanya situasi politik di Mesir," seorang pejabat militer Mesir, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Reuters, Rabu kemarin (17/8).

Latihan militer dua tahunan, yang terbesar dari jenisnya, merujuk ke tahun 1981 dan merupakan perkembangan dari perjanjian damai Camp David antara Mesir dan Israel.

Latihan militer Bright Star berikutnya akan diadakan pada 2013 dan pertemuan perencanaan formal akan jatuh tempo pada Juni 2012, salah satu sumber militer AS mengatakan.

AS telah menghabiskan puluhan miliar dolar untuk militer Mesir dengan menyediakan teknologi dan pelatihan. Bantuan militer AS ke Mesir mencapai 1,3 miliar dolar pada 2010.

Namun, revolusi bersejarah yang menyebabkan kejatuhan mantan diktator Hosni Mubarak di Mesir, sekutu setia AS, telah meragukan hubungan antara kedua negara itu saat ini.

Setelah penggulingan Mubarak, rakyat Mesir berulang kali mengutuk penguasa militer negara itu untuk tindakan mereka terhadap pengunjuk rasa yang menuntut transisi demokrasi ke pemerintahan sipil dan ini akan menambah bahan bakar untuk api dalam hubungan antara sekutu lama Mesir, AS.

Para pejabat AS telah menyampaikan keprihatinan mereka kepada militer Mesir tentang semakin tumbuhnya sikap anti-Amerika di negara ini. (fq/prtv/eramuslim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.