Header Ads

Lebih 50% Anggota Dewan Absen, Sidang Paripurna DPR Sepi

Membolos pasca Lebaran menghinggapi anggota DPR. Akibatnya sidang paripurna pembukaan masa sidang pun terasa sepi tak bergairah.

Pantauan detikcom, Selasa (6/9/2011) pukul 10.40 WIB, terlihat banyak bangku kosong di lantai 3, Gedung Nusantara II, DPR, Senayan. Anggota DPR yang hadir kurang dari 50 persen dari total 560 anggota dewan.

Gedung Nusantara II terlihat lengang. Bagian depan, belakang, sisi kanan dan sisi kiri gedung tersebut terlihat kosong. Padahal menurut aturan, untuk bisa dinyatakan sah sidang paripurna harus dihadiri sekurang-kurangnya 50 persen anggota Dewan plus 1.
Sedang Marzuki Alie juga tidak mengumumkan jumlah anggota DPR yang hadir kali ini. Padahal biasanya jumlah anggota Dewan selalu diumumkan karena jumlah tersebut menentukan sah atau tidaknya sidang tersebut.

Rencananya sidang paripurna pembukaan masa sidang kali ini akan memperdengarkan pidato Ketua DPR Marzuki Alie dalam rangka HUT ke-66 MPR/DPR. Selain itu juga akan ada evaluasi kinerja DPR selama masa sidang periode 2010-2011.

Ratusan Membolos

Sementara itu, dalam rekap daftar hadir rapat paripurna tercatat pada pukul 10.15 WIB baru sebanyak 316 dari 560 anggota yang tanda tangan absensi.

Partai terbesar, Demokrat, dari 148 anggota yang teken absen baru 88 anggota. Partai Golkar yang memiliki 106 anggota, yang teken baru 66 anggota.

Sementara PDIP yang memiliki 94 anggota, hanya 44 anggotanya yang tanda tangan. Partai warna putih, PKS, dari 57 anggota hanya ada 32 anggota.

Sementara PAN dari 46 anggota hanya 25 anggota yang menandatangani daftar hadir. PPP yang memiliki 38 anggota, hanya ada tanda tangan 17 anggota. PKB lebih tragis lagi, dari 28 anggota yang tanda tangan hanya 9 anggota.

Sementara dua partai lainnya Gerindra yang memiliki 26 anggota hanya lima anggota yang belum tanda tangan. Dan terakhir, Hanura yang memiliki 17 anggota, hanya tiga orang saja yang belum tanda tangan. (detiknews)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.